Jumat, 05 Februari 2010

Pesiapan Pratilawati

Pratilawati

Untuk PraTKA
Pada tanggal 24 Jan 2010
Pemateri Ust. Abd. Rouf(pesantren Al Falah).

1.Mendoakan para murid
2.Menggunakan metode yang propesional

Strategi Mengajar Al qur’an Pratilawati TK
1. Diajarkan degan cara bernyanyi

Diajarkan secara bernyanyi selama tiga bulan dengan dua cara:
 Klasikal
 Individu

2. Lagu Rost.
3. Belajar tidak membebani dan sesuai dengan urutan tahapan belajar.
4. Diajarkan 50% dengan menggunakan klasikal dan 50% dengan menggunakan individu.

Bagaimananyanyinya?

Syairnya sebagai berikut:
1. Ini bunyinya

Untuk yang 1 huruf dalam huruf hizaiyah dan wajib yang 4 kelompok.

2. Ini bunyi

Untuk lagu yang terdiri dari 2 huruf hizaiyah dan wajib 4 kelompok.


Bagaimana cara mengajarnya?

 Tehnik klasikal

Cara mengajarnya dengan tehnik klasikal, tehnik klasikal ada tiga:
1. GBS MD(Guru baca santri mendengarkan).
2. GB SMN(Guru baca santri menirukan).
3. GB SM(Guru membaca bersama-sama santri).
Membahas klasikal
Dilakukan selama tiga bulan
Perbandingan waktu antara keduanya:
Jika waktu yang disediakan 50 menit maka, 30 menit untuk bernyanyi dan 20 menit untuk lagu rost.
Catatan :
 20 kali pertemuan sudah membaca peraga menghatamkan 5 kali.
 Lagu rost adalah lagu yang terdiri dari satu ketukan.Irama lagu rost terdiri dari tiga irama( rata, tinggi, rendah), ketiganya secara berurutan secara bergantian.
 Individu bersifat evaluasi
 Didalam mempraktekan tehnik klasikal 2 bulan bernyanyi dan satu bulan lagu rost.
 Hanya huruf-huruf yang empat kelompok yang bisa dinyanyikan dengan syair ”ini ini bunnyinya, dan ini bunyi”.
 Ada cara mudah untuk menentukan benar atau salah dalah dalam nelafalkan hurur arab, yaitu dengan mengenali sifat-sifatnya dan mahrojul huruf.

Misalnya ada huruf yang bersifat isti’la’ dan istifal kemudian ada juga rohowahdan syiddah.

Kunci Lagu Rost Pada Penerapan Buku Tilawati
1.Datar
2.Naik
3.Turun